Aplikasi Statistika : Minitab 17

Dalam bidang Perikanan Tangkap, ilmu tentang Statistika sangat penting terutama dalam hal menyimpulkan sesuatu. Contohnya saja seperti dalam menghintung rata-rata hasil tangkapan di daerah tertentu, tingkat kemungkinan hasil tangkapan di daerah, dll. dimana data-data yang akan dihitung tidaklah sedikit, karena semakin banyak data yang diperoleh makan kesimpulan yang dihasilkan akan semakin akurat. Dengan data sebanyak itu bisa kita hitung dengan menggunakan rumus-rumus statistika dan itu sangatlah memakan waktu yang cukup lama dikarenakan data yang begitu banyak. Maka dari itu disini saya akan memberikan suatu aplikasi yang mempermudah dalam memperoleh kesimpulan dari data-data yang sudah diperoleh, yaitu aplikasi Minitab 17.



Aplikasi Minitab 17 adalah aplikasi yang mempermudah dalam perhitungan yang berhubungan dengan statiska. Kalian tinggal copy-kan data yang akan dicari hasilnya kedalam aplikasi ini, lalu tinggal pilih apa yang akan dicari dari data tersebut dengan memilihnya di dalam menu yang sudah disediakan. Untuk mengunduhnya kalian bisa klik link dibawah ini.


Untuk postingan berikutnya saya akan memberi beberapa contoh tutorial cara menggunakan aplikasi ini atau jika kalian ingin menggunakan langsung kalian mencari tutorial di blog laiinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Alat Tangkap : Longline Tuna

Tingkah Laku Ikan : Pendahuluan dan Manfaat

Alat Tangkap : Trawl (Pukat Hela)